Sajian Terpercaya Seputar Kehamilan, Persalinan dan Kesehatan Ibu dan Anak

Efek Mengerikan Minuman Soda Bagi Ibu Hamil

Seorang ibu yang hamil, sering kali merasa ragu-ragu dan bingung dalam mengonsumsi makanan. Hal ini karena sang ibu sering kali merasa ketakutan kalu-kalau makanan dan minuman yang dikonsumsinya berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan sang janin. Kadang-kadang sang ibu sudah berhati-hati, namun karena ketidaktahuan dan keteledoran sehingga memakan makanan yang berbahaya bagi kesehatan janin. Akibatnya, tanpa disadari ia telah membuat perkembangan janin menjadi bahaya dan bisa berakibat pada kerusakan fisik dan psikis jika sudah lahir.
 
Minuman Soda bahaya bagi ibu hamil
Salah satu minuman yang sering kali tidak dianggap berbahaya dan diabaikan adalah minuman bersoda atau minuman berenergi. Minuman energi adalah minuman ringan (soft drink) yang mengandung berbagai unsur yang dipromosikan dapat menambah energi. Kebanyakan minuman energi mengklaim dapat merangsang metabolisme sehingga meningkatkan energi tubuh. Salah satu kandungan yang sering ada di dalamnya adalah soda.

Soda sendiri merupakan sejenis air yang difermentasikan dan dibuat bersifat efervesen dengan penambahan gas karbon dioksida di bawah tekanan. Air soda mendapatkan namanya dari garam natrium yang dikandungnya. Meniman energi yang mengandung soda sudah banyak dijual di mana-mana. Padahal banyak ahli kesehatan yang memandang bahwa minuman ini banyak mendatangkan efek kesehatan bagi tubuh hingga memunculkan berbagai penyakit serius.

Minuman ini sekarang sudah semakin menjamur di seluruh dunia dan pelosok-pelosok perkempungan. Di Inggris, misalnya, kebutuhan terhadap minuman ini terus meningkat di mana setiap tahunnya tak kurang 330 juta liter minuman energi membasahi tenggorokan warganya. Nilainya diestimasi mencapai 1 miliar pound. Belakangan malah lahir pula produk baru Red Bull dengan kandungan kafein dua kali lipat. Produk ini, kabarnya, diperkirakan akan menjadi pemain penting di pasar minuman energi. Masalahnya adalah minuman semacam ini jika dikonsumsi secara rutin dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan dalam jangkan panjang seperti minuman-minuman lainnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Physician and Sportsmedicine menemukan bahwa minuman energi berpotensi menghasilkan efek sebagai berikut:
  •   Percepatan reaksi tubuh, kinerja aerobik dan anaerobik.
  •  Meningkatkan daya tahan tubuh bagian atas, tapi tidak berpengaruh pada kinerja anaerobik.
  • Peningkatan ketahanan bersepeda 1 jam pada 70% beban kerja maksimal.
  •  Efek tersebut dihasilkan dari kandungan minuman energi yang antara lain terdiri dari taurin, kafein, sukrosa, guarana, kolesom, niacin, pyridoxine, cynaocobalmin.

Selain itu, penelitian dalam jurnal tersebut menyibak bahwa minuman energi juga berpotensi menimbulkan efek samping seperti kram, denyut jantung meningkat, peningkatan tekanan darah, serangan jantung, stroke, takikardia supraventricular dan gangguan kejiwaan pada pasien beriwayat penyakit jiwa. Salah satu produk yang pernah menjadi sorotan adalah minuman energi Red Bull tersebut. di Prancis minuman ini pernah dilarang setelah terjadi tragedi kematian atlet bola basket berumur delapan belas tahun Irlandia Ross Cooney, yang meninggal setelah mengkonsumsi empat kaleng minuman tersebut. Pada tahun 2004 pengadilan Eropa menentang larangan tersebut, namun Komite Ilmiah Prancis menyimpulkan bahwa Red Bull mengandung kafein berlebihan.

Inilah bahaya jika mengonsumsi minuman energi bersoda yang terlalu banyak. Efek negatif bagi orang biasa aja seperti itu apalagi untuk ibu hamil, pasti akan memiliki efek yang jauh lebih berbahaya lagi. Mengkonsumsi minuman soda saat hamil masih menjadi perdebatan yang belum dapat dipastikan apakah boleh atau tidak. Karena minuman tersebut mengandung pemanis buatan yang berbeda-beda, ada yang menggunakan pemanis buatan yang aman untuk ibu hamil tapi ada juga yang berbahaya bagi ibu hamil.
0 Komentar untuk "Efek Mengerikan Minuman Soda Bagi Ibu Hamil"

Silakan Bunda mengajukan keluhan, pertanyaan, dan komentar seputar kehamilan, kesehatan, dan persalinan pada kami.

*) Mohon maaf komentar oleh komentator nama dan isi komentar berbau P * RN * , DR * GS , H * CK , J*DI dan komentar yang berisi link aktif , tidak akan ditampilkan !

Back To Top