Sajian Terpercaya Seputar Kehamilan, Persalinan dan Kesehatan Ibu dan Anak

Resep Air Kelapa untuk Gizi Ibu Hamil



Secara ilmu farmakologi, air kelapa mengandung zat elektrolit yang tinggi sehingga berguna sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Di sisi lain, pada masa hamil terjadi penguapan cairan tubuh lebih banyak yang berupa keringat juga air seni. Akibatnya, jika tidak digantikan maka tubuh si ibu hamil ini bisa kekurangan cairan. Terlebih cairan tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan bayi yang dikandungnya.Sebenarnya fungsi air kelapa di sini adalah untuk menggantikan cairan yang menguap tersebut. Sehingga semakin banyak minum maka semakin baik karena cairannya tergantikan.

air kelapa untuk gizi ibu hamil

Kandungan Air Kelapa
Kandungan
Kadar/g
Nilai kalori (kal/g)
Kadar karbohidrat (%)
Kadar air (%)
Kadar Protein (%)
Kadar gula (%)
Kadar abu (%)
Kadar garam (%)
Phosfor (mg/100 ml)
Kalsium (mg/100 ml)
Magnesium (mg/100 ml)
Besi (mg/100 ml)
Belerang (mg/100 ml)
Tembaga (mg/100 ml)
17,400
0,090
92,700
0,450
0,170
6,970
1,770
105,000
29,000
37,000
0,100
24,000
0,040

Cara Mengonsumsi
Cara mengonsumsi air kelapa mudah cukup mudah. Anda tinggal memetik kelapa muda atau membeli kelapa muda yang masih segar. Usahanya kelapa dengan warnanya yang hijau karena kandungannya lebih bagus untuk ibu hamil. Jika sudah memilih, maka Anda tinggal meminum air kelapa tersebut untuk kesehatan tubuh Anda. Meminum air kelapa sebaiknya dalam kondisi cuaca yang panas atau sehabis aktivitas bagi ibu, karena elektrolit dapat mengganti cairan tubuh ibu hamil yang hilang. Bila perlu tambahkan susu di campuiran air kelapa untuk mendapatkan rasa yang berbeda.(baik diminum pada trisemester III/ fase akhir kehamilan).

Sumber: Lenan Sari (2013). Buah, Daun, Umbi, Biji-Bijian & Kacang-Kacangan Berkhasiat Agar diberi Momongan yang Berkualitas, Yogyakarta: Diva-Press.
0 Komentar untuk "Resep Air Kelapa untuk Gizi Ibu Hamil"

Silakan Bunda mengajukan keluhan, pertanyaan, dan komentar seputar kehamilan, kesehatan, dan persalinan pada kami.

*) Mohon maaf komentar oleh komentator nama dan isi komentar berbau P * RN * , DR * GS , H * CK , J*DI dan komentar yang berisi link aktif , tidak akan ditampilkan !

Back To Top