Sajian Terpercaya Seputar Kehamilan, Persalinan dan Kesehatan Ibu dan Anak

Gizi Lengkap Ibu Hamil dan Manfaatnya Buat Kandungan



Setiap ibu hamil pasti menginginkan kelahiran yang sehat, normal dan kalau bisa tanpa rasa sakit yang disebabkan oleh gangguan pada kehamilan. Kunci kelahiran yang sehat dan normal adalah kehamilan yang sehat. Dan kunci kehamilan sehat adalah tercukupinya asupan gizi lengkap bagi kebutuhan ibu hamil. Inilah gizi lengkap ibu hamil dan manfaatnya buat kandungan.
gizi ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan bimbingan kehamilan yang sehat dan aman agar kelahirannya berjalan dengan normal dan sehat. Bahkan, kalau bisa sang anak yang lahir pun harus cerdas dan memiliki otak yang cemerlang. Untuk mendapatkan kelahiran yang demikian, maka seorang ibu harus rajin mengonsumsi kebutuhan gizi secara seimbang. Kebutuhan gizi tersebut bukan hanya membuat sehat sang janin dan ibu hamil, namun juga kandungannya membantu sang ibu lahir secara normal dan sehat.

Kebutuhan gizi ibu hamil untuk menyehatkan kandungannya adalah sebagai berikut:

Kalori. Asupan kalori harus ditambah 180 kkal per hari selama trimester pertama kehamilan dan 300 kkal selama trimester kedua dan ketiga kehamilan. Tambahan kalori tersebut sebaiknya diperoleh dari sumber yang bervariasi sesuai dengan pola makan dari resep alam yang seimbang. Idealnya, 55% kalori berasal dari umbi-umbian dan nasi sumber karbohidrat, 35% dari lemak nabati dan hewani, 10% dari protein dan sisanya dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Asam Folat. Pada beberapa minggu sebelum dan setelah awal kehamilan, embrio janin membutuhkan asam folat yang banyak untuk pembentukan sistem syaraf dan sel-sel. Tambahan 400 mikrogram asam folat per hari diperlukan selama trimester pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat mengakibatkan janin tidak berkembang sempurna sehingga terlahir dengan kelainan bawaan seperti anenchephaly (tanpa batok kepala), spina bifida (tulang belakang tidak bersambung) dan bibir sumbing. Asam folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9 banyak terdapat pada beras merah, sayuran hijau dan buah-buahan.

Protein. Selain sebagai sumber kalori, protein juga diperlukan untuk pembentukan sel dan darah. Ibu hamil membutuhkan protein sebanyak 60 gram per hari (lebih banyak 10 gram dari biasanya), yang dapat diperoleh dari daging, ikan, putih telur, kacang-kacangan, tahu dan tempe.

Kalsium. Konsumsi kalsium 1000 mg/hari diperlukan untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, kontraksi otot dan sistem syaraf.

Vitamin A. Vitamin A bermanfaat untuk pemeliharaan kulit, fungsi mata dan pertumbuhan tulang. Namun begitu, konsumsi vitamin A tidak boleh berlebihan karena dapat mengganggu pertumbuhan embrio.

Zat Besi. Zat besi banyak diperlukan untuk pembentukan darah. Kekurangan zat besi akan mengakibatkan anemia yang berbahaya bagi ibu dan bayinya. Suplemen zat besi mungkin diperlukan mulai minggu ke-20 kehamilan, terutama bila ibu hamil memperlihatkan tanda-tanda anemia. Ibu hamil membutuhkan zat besi 30 mg/hari atau dua kali lipat dari biasanya.

Vitamin C. Vitamin C bermanfaat memudahkan penyerapan zat besi oleh tubuh, selain untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Vitamin D. Vitamin D berguna untuk pembentukan tulang karena membantu penyerapan kalsium.

Oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, agar kandungannya sehat dan bisa melahirkan secara normal maka sang ibu harus mengetahui sumber gizi tersebut diperoleh.
0 Komentar untuk "Gizi Lengkap Ibu Hamil dan Manfaatnya Buat Kandungan"

Silakan Bunda mengajukan keluhan, pertanyaan, dan komentar seputar kehamilan, kesehatan, dan persalinan pada kami.

*) Mohon maaf komentar oleh komentator nama dan isi komentar berbau P * RN * , DR * GS , H * CK , J*DI dan komentar yang berisi link aktif , tidak akan ditampilkan !

Back To Top