Sajian Terpercaya Seputar Kehamilan, Persalinan dan Kesehatan Ibu dan Anak

Gizi Penting Ibu Hamil pada Trisemester Pertama (Bagian 1)




gizi ibu hamilPada kehamilan trimester pertama, makanan bergizi bagi ibu hamil sangatlah penting. Makanan ibu hamil tidak sembarangan, harus pas dan disesuaikan dengan kebutuhan gizi ibu hamil. Kebutuhan gizi ibu hamil ini menyesuaikan dengan kebutuhan perkembangan janin. Kebutuhan perkembangan janin tersebut dibagi ke dalam trisemester. Pada tri semester pertama, janin sedang dalam proses pembentukan otak, sistem saraf, jantung dan organ-organ reproduksi pada janin. Oleh sebab itu, pemenuhan kebutuhan gizi harus mengikuti perkembangan janin. Apa saja pemenuhan kebutuhan penting tri semester pertama pada ibu hamil dalam setiap minggunya?

Minggu ke-1 sampai ke 3
Pada minggu-minggu ke-1 sampai ke-3, Ibu akan sering merasa lelah dan payudara mulai terasa tegang dan sakit. Kedua hal tersebut merupakan pertanda awal kehamilan. Ibu juga dapat mengalami ketidakseimbangan mood atau disebut ‘bad mood’ yang dikarenakan perubahan hormonal pada Ibu hamil. Selain itu, mual atau morning sickness juga dapat terjadi pada minggu-minggu ini. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut dan mendukung pekembangan embrio sebaiknya ibu mengonsumsi nutris yang cukup.
Di antara pilihan nutrisi tersebut adalah asam folat, protein, kalsium, dan besi, di mana dapat membantu pertumbuhan embrio. Protein digunakan untuk membuat jaringan baru, kalsium (1200 mg/hari) berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi, dan zat besi (30 mg/hari) merupakan mineral dasar untuk meningkatkan volume darah embrio. Kalsium dapat bersumber dari produk susu, sedangkan zat besi banyak terdapat sayuran hijau seperti bayam.
Pada minggu-minggu ini, kebutuhan ibu akan kalori juga bertambah. Maka ibu harus mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Konsumsilah minimal 2000 kkal per hari agar tubuh menghasilkan cukup energi yang diperlukan janin yang sedang terbentuk dengan pesat. Kebutuhan energi dengan kadar tinggi dapat ditemukan pada nasi dan buah-buahan lainnya.

Minggu ke 4-6
Sama seperti minggu sebelumnya, pada minggu ini Ibu akan merasakan tanda-tanda kehamilan. Serviks (leher rahim) akan melunak dan berubah warna. Ibu dapat memeriksakan kehamilannya minggu ini dengan melakukan tes kehamilan menggunakan stik. Jika diketahui positif hamil maka mulailah untuk mengonsumsi nutrisi yang tepat terutama asam folat 400 mikrogram/hari.
Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi di awal kehamilan karena mengurangi risiko kelainan saraf tulang punggung pada janin. Sumber dari asam folat dapat ditemukan gandum, sayuran, buah, dan sayuran. Meski demikian, jangan biarkan diri Ibu lepas kendali dengan memakan lebih banyak porsi hanya karena hamil. Sebab makan berlebihan tidak akan menambah kesehatan janin namun hanya akan menambah berat badan Ibu. Tentu kondisi yang demikian tidak baik bagi sang ibu yang bisa menambah akibat buruk bayi lahir obesitas. Namun apabila Ibu lapar, sebaiknya Ibu mengkonsumsi makanan sehat seperti snack ringan, jus segar, roti gandum, dan susu atau produk susu. Sereal, buah, dan sayuran sebaiknya dikonsumsi secara seimbang dan secukupnya saja.

Minggu ke-6
Pada minggu ini tidak ubahnya pada minggu sebelumnya. Namun jika ibu mulai merasa mual atau mengalami morning sickness, disarankan Ibu mengurangi makan makanan berlemak, banyak minum cairan, frekuensi makan ditingkatkan namun dalam porsi yang lebih kecil (6x/hari), istirahat teratur, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin prenatal. Bila gejala mual dan muntah Ibu semakin meningkat, kehilangan berat badan, atau dehidrasi (kekurangan cairan), maka kemungkinan Ibu mengalami hiperemesis gravidarum. Segera berkonsultasi dengan dokter kebidanan Ibu.
Pada minggu ini, embrio sudah mulai membangun tulang. Oleh karena itu, ibu disarankan mulai banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Mulailah mengkonsumsi susu atau prosuk susu. Bila Ibu ingin tetap menjaga kalori yang masuk, maka susu rendah lemak menjadi pilihan, kandungan kalsium tidak akan terpengaruh pada produk susu rendah lemak.

Minggu ke-7
Di minggu ke-7 ini, calon kedua lengan janin sudah mulai tampak, bentuknya seperti sirip ikan. Saat ini pembentukan tulang rangka tubuh janin sedang berlangsung, oleh karena itu, ibu harus mengonsumsi aneka jenis makanan berkalsium tinggi. Ibu perlu mengonsumsi kalsium sebanyak 1000 mg per hari, yang dapat diperoleh dari 3/4 cangkir keju, 1 ons keju parmesan, 1,5 ons keju cheddar, puding susu atau custard 1 cangkir, susu full cream , atau 1 cangkir yoghurt.
0 Komentar untuk "Gizi Penting Ibu Hamil pada Trisemester Pertama (Bagian 1)"

Silakan Bunda mengajukan keluhan, pertanyaan, dan komentar seputar kehamilan, kesehatan, dan persalinan pada kami.

*) Mohon maaf komentar oleh komentator nama dan isi komentar berbau P * RN * , DR * GS , H * CK , J*DI dan komentar yang berisi link aktif , tidak akan ditampilkan !

Back To Top