Sajian Terpercaya Seputar Kehamilan, Persalinan dan Kesehatan Ibu dan Anak

Gizi Penting Ibu Hamil pada Trisemester Kedua dan Ketiga



Kehamilan Trisemester Kedua
Menginjak trisemester kedua biasanya rasa mual-muntah sudah mulai reda. Saatnya ibu menambah porsi makan untuk menutupi kekurangan pada trimester I. Selain itu, ukuran tubuh janin juga bertambah dengan pesat sehingga memerlukan lebih banyak kalori. Berat badan ibu harus bertambah 0,5 kg setiap minggunya.

Makanan Sehat Ibu Hamil

Ibu hamil trimester ke-2 memerlukan tambahan beberapa zat gizi dari resep herbal seperti:
·         Kalori. Ibu hamil memerlukan tambahan kalori sebanyak 300 kal yang sebagian besar dipenuhi dari konsumsi karbohidrat seperti nasi, kentang, ketela dan roti. Kekurangan energi pada trimester ini akan mengganggu tumbuh kembang dan proses berpikir janin.
·         Protein. Ibu perlu menambah 12 gram protein dalam menu makanannya. Protein yang paling baik adalah protein hewani karena dapat diserap tubuh dengan mudah dan lebih kompleks. Kebutuhan protein pada trimester ini tidak dapat diabaikan karena berfungsi sebagai pembangun sel dan mendukung kecerdasan.
·         Zat Besi. Kejadian hemodilusi (pengenceran darah) seringkali menyebabkan anemia kehamilan. Padahal, sel darah merah diperlukan untuk mengangkut sari makanan dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Oleh karena itu, ibu harus menambah konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti hati, bayam, dan daging. Perlu diingat, bahwa konsumsi zat besi sebaiknya diikuti dengan vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapannya. Hindari konsumsi kopi dan teh karena dapat menghambat penyerapan zat besi.
·         Vitamin. Berbagai vitamin diperlukan untuk proses metabolisme tubuh, antioksidan, dan pertumbuhan janin. Sumber vitamin yang baik adalah buah dan sayur. Untuk itu ibu dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah dan sayur. Selain sebagai sumer vitamin, buah dan sayur juga merupakan sumber serat sehingga melancarkan buang air besar.
·         Mineral. Ibu dapat memenuhi kebutuhan mineral dari konsumsi sayur dan susu hamil. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun tetap penting untuk kesehatan ibu dan janin. Beberapa mineral yang penting untuk ibu hamil adalah kalsium, magnesium, dan yodium.

Kehamilan Trisemester Ketiga
Pada trisemester akhir ini, resep herbal gizi ibu hamil perlu diperhatikan untuk mempersiapkan persalinan. Kebutuhan kalori dan zat gizi lainnya hampir sama dengan trimester II. Jika pada trimester III penambahan berat badan sudah melebihi 10 kg, maka konsumsi karbohidrat perlu diturunkan. Namun, jika berat badan ibu masih kurang, dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak zat gizi karena pada masa ini pertumbuhan sel terjadi sangat cepat.
Pada trisemester ini, ibu hamil butuh bekal enerji yang memadai. Selain untuk mengatasi beban yang kian berat, juga sebagai cadangan enerji untuk persalinan kelak. Itulah sebabnya pemenuhan gizi seimbang tak boleh dikesampingkan baik secara kualitas maupun kuantitas. Pertumbuhan otak janin akan terjadi cepat sekali pada dua bulan terakhir menjelang persalinan. Karena itu, jangan sampai kekurangan gizi.

Berikut ini sederet resep herbal pemenuhuhan zat gizi yang sebaiknya lebih diperhatikan pada kehamilan trimester ke III ini.
·         Kalori. Kebutuhan kalori selama kehamilan adalah sekitar 70.000 -80.000 kilo kalori (kkal), dengan pertambahan berat badan sekitar 12,5 kg. Pertambahan kalori ini diperlukan terutama pada 20 minggu terakhir. Untuk itu, tambahan kalori yang diperlukan setiap hari adalah sekitar 285-300 kkal.
Tambahan kalori diperlukan untuk pertumbuhan jaringan janin dan plasenta dan menambah volume darah serta cairan amnion (ketuban). Selain itu, kalori juga berguna sebagai cadangan ibu untuk keperluan melahirkan dan menyusui. Agar kebutuhan kalori terpenuhi, Anda harus mengonsumsi resep herbal makanan dari sumber karbohidrat dan lemak. Karbohidrat bisa diperoleh melalui serelia (padi-padian) dan produk olahannya, kentang, gula, kacang-kacangan, biji-bijian dan susu. Sementara untuk lemak, Anda bisa mengonsumsi mentega, susu, telur, daging berlemak, alpukat dan minyak nabati.
·         Vitamin B6 (Piridoksin). Vitamin ini dibutuhan untuk menjalankan lebih dari 100 reaksi kimia di dalam tubuh yang melibatkan enzim. Selain membantu metabolisma asam amino, karbohidrat, lemak dan pembentukan sel darah merah, juga berperan dalam pembentukan neurotransmitter (senyawa kimia penghantar pesan antar sel saraf). Semakin berkembang otak janin, semakin meningkat pula kemampuan untuk mengantarkan pesan. Angka kecukupan vitamin B6 bagi ibu hamil adalah sekitar 2,2 miligram sehari. Makanan hewani adalah sumber yang kaya akan vitamin ini.
·         Yodium. Yodium dibutuhkan sebagai pembentuk senyawa tiroksin yang berperan mengontrol setiap metabolisma sel baru yang terbentuk. Bila kekurangan senyawa ini, akibatnya proses perekembagan janin, termasuk otaknya terhambat dan terganggu. Janin akan tumbuh kerdil. Sebaliknya, jika tiroksin berlebih, sel-sel baru akan tumbuh secara berlebihan sehingga janin tumbuh melampaui ukuran normal. Karenanya, cermati asupa yodium ke dalam tubuh saat hamil. Angka yang ideal untuk konsumsi yodium adalah 175 mikrogram perhari. Anda dapat memilih resep herbal dari yang mengandung yodium rendah.
·         Tiamin (vitamin B1), Riboflavin (B2) dan Niasin (B3). Deretan vitamin ini akan membantu enzim untuk mengatur metabolisma sistem pernafasan dan enerji. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi Tiamin sekitar 1,2 miligram per hari, Riboflavin sekitar 1,2 miligram perhari dan Niasin 11 miligram perhari. Ketiga vitamin B ini bisa Anda konsumsi dari resep susu, kacang-kacangan, hati dan telur.
·         Air. Kebutuhan ibu hamil di trimester III ini bukan hanya dari makanan tapi juga dari cairan. Ari sangat penting untuk pertubuhan sel-sel baru, mengatur suhu tubuh, melarutkan danmengatur proses metabolisma zat-zat gizi, serta mempertahankan volume darah yang meningkat selama masa kehamilan. Jika cukup mengonsumsi cairan, buang air besar akan lancar sehingga terhindar dari sembelit serta risiko terkena infeksi saluran kemih. Sebaiknya minum 8 gelas air putih sehari. Selain air putih, bisa pula dibantu dengan resep jus buah, makanan berkuah dan buah-buahan. Tapi jangan lupa, agar bobot tubuh tidak naik berlebihan, kurangi minuman bergula seperti sirup dan softdrink.
0 Komentar untuk "Gizi Penting Ibu Hamil pada Trisemester Kedua dan Ketiga"

Silakan Bunda mengajukan keluhan, pertanyaan, dan komentar seputar kehamilan, kesehatan, dan persalinan pada kami.

*) Mohon maaf komentar oleh komentator nama dan isi komentar berbau P * RN * , DR * GS , H * CK , J*DI dan komentar yang berisi link aktif , tidak akan ditampilkan !

Back To Top