Sajian Terpercaya Seputar Kehamilan, Persalinan dan Kesehatan Ibu dan Anak

Inilah Akibatnya Jika Ibu Hamil Malas Cuci Tangan, Janin Bisa Catcat atau Gugur

Kebersihan bagi ibu hamil sangatlah penting. Ceroboh dalam menjaga kebersihan bisa berbahaya bagi kandungannya, termasuk hal-hal yang sepele seperti cuci tangan sekalipun. Tangan merupakan bagian paling sering bersentuhan dengan kotoran. Jika tidak rajin memcuci tangan, maka bisa-bisa membahayakan kesehatan janin Anda bahkan sampai keguguran.

kebersihan ibu hamil

Hal itu setidaknya dibenarkan oleh akademisi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) Agustin Kusumayati dalam sebuah kesempatan. Agustin mengatakan bahwa ibu hamil yang malas mencuci tangan sangat berisiko terinfeksi sejumlah penyakit, terutama toksoplasma yang bisa menyebabkan keguguran janin.

"Toksoplasma gondii ini banyak terdapat pada hewan peliharaan yang kebersihannya kurang diperhatikan. Mikroorganisme ini menyerang janin dan menyebabkan keguguran," kata Agustin yang juga Dekan FKM-UI di Jakarta.

Infeksi tokso dapat dihindari dengan menjaga kebersihan bagi ibu hamil, lewat mencuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum makan dan minum. Dengan perilaku tersebut, menurut Agustin, dapat menghindarkan masuknya virus ke dalam tubuh ibu hamil.
"Misalkan ibu hamil menyentuh apapun yang terkontaminasi toksoplasma dan makan menggunakan tangan tanpa dicuci dulu maka dapat terinfeksi mikroorganisme ini berisiko pada janinnya," katanya.
Menurut Agustin, penularan toksoplasma banyak terjadi karena ibu hamil malas mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, setelah yang bersangkutan melakukan kontak langsung dengan hewan peliharaan yang dihinggapi parasit Toksoplasma gondii. Agustin juga menyarankan agar ibu hamil menghindari kontak dengan hewan peliharaan untuk alasan kesehatan.
"Kalaupun janin tidak gugur, bisa jadi bayi mengalami cacat saat lahir. Kebanyakan mengalami gangguan kecerdasan," katanya.
Toksoplasma gondii sendiri merupakan penyebab penyakit toksoplasma. Mikroorganisme tersebut kerap menjadi parasit pada beberapa jenis hewan seperti anjing, kucing dan burung.
0 Komentar untuk "Inilah Akibatnya Jika Ibu Hamil Malas Cuci Tangan, Janin Bisa Catcat atau Gugur"

Silakan Bunda mengajukan keluhan, pertanyaan, dan komentar seputar kehamilan, kesehatan, dan persalinan pada kami.

*) Mohon maaf komentar oleh komentator nama dan isi komentar berbau P * RN * , DR * GS , H * CK , J*DI dan komentar yang berisi link aktif , tidak akan ditampilkan !

Back To Top